Komplikasi pasca Operasi Gigi Bungsu


Depok, 13 Januari 2007: 18.30 WIB

Pengunjung Blog yang terhormat,

Posting kali ini lahir dari keheranan saya terhadap seorang pasien yang sangat terkejut begitu saya meminta tanda tangan persetujuan tindakan medis (inform concent) sesaat sebelum dilakukan tindakan operasi gigi bungsu. Tentunya hal ini saya lakukan setelah saya menerangkan kepada pasien tersebut hal-hal apa sajakah yang dapat menimbulkan resiko dan komplikasi dari tindakan operasi gigi bungsu. Menurut pasien tersebut, yang akan saya lakukan adalah tindakan operasi ringan saja dan tidak akan mempengaruh kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, setelah saya beri penerangan secara hati-hati dan pelan-pelan, sang pasien tersebut akhirnya mau juga menandatangani surat persetujuan itu.

Yang perlu sekali lagi saya tekankan pada posting ini adalah tentang “operasi gigi bungsu”. Operasi gigi bungsu memang merupakan operasi ringan, tetapi operasi tersebut dapat menimbulkan beberapa resiko dan komplikasi sesudah operasi. Berat dan ringannya resiko dan komplikasi yang terjadi tergantung seberapa sulit posisi gigi bungsu tersebut. Biasanya semakin sulit posisinya, komplikasinya juga akan semakin tinggi. Kadang-kadang resiko dan komplikasi ini dapat mengganggu aktivitas pasien, apalagi bila pasien tersebut tidak diberi penjelasan sebelumnya.

Baiklah, saya akan informasikan bahwa secara umum pengangkatan gigi bungsu menimbulkan rasa nyeri pasca operasi yang berangsur menghilang dari hari ke hari, sehingga bila nyeri bertambah, maka sebaiknya Anda segera menghubungi Dokter Gigi yang mengoperasi Anda. Pembengkakan akan terjadi dan bertambah sampai hari ke 3 atau ke 4, namun sesudahnya berangsur mengecil. Puncak fase akut ini biasanya terjadi pada hari ke 3, biasanya pasien bila tidak diinfokan sebelumnya akan panik karena bengkaknya semakin jelas.

Ada beberapa pasien yang merasa demam juga di 3 hari pertama pasca pencabutan. Resiko yang lain adalah kemungkinan adanya rasa baal sementara (parestesi) karena posisi gigi yang sangat dalam, atau singgungan dari jarum suntik pada saat melakukan anestesi lokal. Beberapa hal yang telah disebutkan merupakan manifestasi dari peradangan yang timbul akibat tindakan operasi gigi bungsu. Sehingga sangat normal terjadi dan dapat diminimalkan dengan pemberian analgesik antiinflamasi. Dan untuk sebagian kecil pasien kadang-kadang menimbulkan kebiruan atau lebam pada daerah pipi bagian luar, yang umumnya akan hilang dalam waktu 10-14 hari.

Komplikasi yang ditimbulkan dapat berupa perdarahan berkepanjangan, tidak terbentuknya bekuan darah pada soket gigi (dry socket), atau infeksi. Untuk menghindari komplikasi tersebut, biasanya Dokter Gigi Bedah Mulut akan memberikan beberapa instruksi pasca operasi gigi bungsu (akan dijelaskan pada post berikutnya), dan membekali anda juga dengan antibiotika yang rasional disamping analgetik anti-inflamasi yang adekwat dan biasanya Dokter Gigi tersebut menganjurkan anda untuk kembali lagi bila pasca operasi anda merasa tidak nyaman.

Semoga posting kali ini dapat sedikit menambah informasi kepada Anda yang baru saja dilakukan operasi gigi bungsu.

Drg. Vera Julia, SpBM
(Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut & Maksilofasial)

Advertisements

62 Responses to “Komplikasi pasca Operasi Gigi Bungsu”


  1. 1 aldo January 14, 2008 at 8:43 am

    keren euii pake inform concent..
    kalo di sini drg main operasi aja asal si pasien sudah mantap..hehe

  2. 2 aldo January 15, 2008 at 9:10 am

    sore dok..
    ada yg mau saya tanya agi nih dok.
    berarti mungkin kalo saran dokter apa lebih enak saraf gigi dicabut dulu
    baru giginya yg di-operasi ya dok.

    gigi saya yg graham kiri juga miring posisinya dan ada tambalan juga
    jadi saya masih kepikiran juga untuk mencabutnya bila terpaksa (moga-moga gak deh dok…ngeri..)

    saya masih terbayang operasi geraham kanan saya
    tidak terasa sakit waktu operasi (ya sakitnya sesaat aja )
    apakah itu benar2 pengaruh anastesinya atau pengaruh karena saraf dah dcabut dari ruang pulpanya ya dok?

    trims ya dok 4 infonya

  3. 3 Fitria January 15, 2008 at 9:37 am

    Sore dokter Vera,

    Boleh tau sekarang praktek dimana dok?? kebetulan saya mengalami masalah yang berkepanjangan setelah mengalami operasi gigi geraham bungsu sebelah kanan bawah??? bahkan saya harus mengalami pembedahan sampai 2 kali.

    Salam,
    PIPIT

  4. 4 yunie February 5, 2008 at 9:10 am

    Aq mengalami 2 operasi & 1 cabut gigi impaksi. Untuk operasi yg terakhir tgl 281207 menurut ahli BM ku di Bdg memang agak ke dalam posisinya. Yg aq heran mgp sampai sekarang rasa nyut2an masih terasa dan masih suka pening dan leher agak nyeri bila harus menengok pdhl aq selalu menggunakan gerahamnya untuk mengunyah. Kenapa ya… pdhl Drg SpBM nya smart, komunikatif dan paham betul dgn apa yg dilakukan? Thanks atas penjelasannya. Salam hangat

  5. 5 Drg. Vera Julia, SpBM February 5, 2008 at 10:52 am

    mbak yunie…
    memang kadang-kadang untuk sebagian orang merasakan keluhan yang berkepanjangan setelah habis operasi gigi bungsu, terutama untuk gigi-gigi yang posisinya dalam. Coba diingat-ingat lagi apakah keluhan kepala suka pening dan leher agak nyeri kalo menengok itu sudah ada sebelum operasi atau tidak. Tapi, yang lebih bijaksana ialah, mbak yunie coba kontrol kembali ke drg SpBM yang melakukan operasi, agar beliau juga dapat memberi sedikit penjelasan, karena data diagnosisnya drg SpBM mbak yunie punya dengan lengkap. Umumnya memang drg SpBM harus komunikatif, mengingat pekerjaan kami yang cukup beresiko.. Jadi, jangan segan datang menemui drg SpBM mbak yunie ya…

    salam hangat

  6. 6 yunie February 9, 2008 at 3:22 am

    Terima kasih Dok, kemarin 080208, aku sdh kontrol ke drg SpBM ku, menurut beliau bekas operasinya telah tertutup sempurna, dan tentang keluhanku beliau memberi surat disposisi ke ahli THT. Wah padahal sebelumnya aku ngga’ punya keluhan dengan kuping & leher lho. Anyway, Menurutku dokter masa depan seperti Drg Vera Julia, SpBM membuat pasien menjadi lebih pintar dengan sedikit ilmu ttg gigi yang dibagi-bagi. Saluut… Tapi segala puji hanya untuk ALLAH ya dok šŸ™‚

  7. 7 Katherine Arta February 16, 2008 at 4:14 am

    Dok,,,,
    Aq mhswi 19th

    Tgl 14 Nov kmaren 2007ama drg biasa, bukan Sp.BM
    gigi 38 aq di OD.
    Pas lg di OD, drg yg menangani operasiku bilang, klo maksila aku terlalu kecil, shg tulang alveolar aku perlu dibor hingga 5mm.
    1. Dalem bgt ga c Dok?
    2. Normalnya tl alveolar yg dibor brp mili?
    Pipi bengkak selama 1 minggu.
    Saat operasi, karena saking dalamnya tulang yg harus digali, dokter menambahkan anastesi hingga 3.5 ampul. Operasi qu berlangsung cukup lama, sekitar 4 jam.
    3. Normal ga dksh suntikan sebanyak itu?
    4. Efek sampingya apa klo dikasih anastesi banyak2?
    Trus, hingga postingan ini aq ketik, lidah kiri aq ga bs ngerasain rasa apa2. Tp rasa sakit n suhu (panas+dingin ) masih bisa.
    Obat yg diksh:
    – Danalgin
    – Amoxcillin yg kluaran baru
    – Kalium diklofenat
    – obat anti pendarahan.

    5. Apakah lidah kiri aq masih bs ngerasain makan lg? kembali spt normal (reversibel)? Dokter gigi qu bilang, biasanya bisa balik setelah 6 bulan. Apa ada kasus yg permanen?

    6. Dapatkah neurobion mengembalikan fungsi pengecapan lidah kiri qu?

    7. Mana yg lebih baik: neurobion atau neurodeck, Dok?

    Terima kasih,

    katherinearta.wordpress.com

  8. 8 Feri February 29, 2008 at 4:48 am

    Mbak Vera,

    saya lagi mo nyari dokter & rumah sakit di jakarta
    yang punya fasilitas bedah mulut yang cukup baik.

    Dulu saya pernah operasi bedah mulut 2 kali geraham bawah
    kanan dan kiri, di RS gigi UI dengan dokter Evie,
    Memang waktu itu cukup susah dan lama +/- 1 jam, tapi alhamdulillah tidak ada gangguan yang signifikan paling juga bengkak seminggu.

    Saat ini saya udah beberapa minggu pusing di sekitar belakang telinga. Gigi geraham atas kanan sudah mulai bengkak. Saya agak khawatir juga kalo dokternya nggak cukup kuat dan cepat dalam proses pembedahan tersebut, khawatir
    terhadap efek sampingnya….
    Hee…hee…Maaf mbak bukan berarti kalo dokter cewek kurang kuat lho….

    Terima kasih sebelumnya mbak, maaf jika ada yang tidak
    berkenan……….

    Ferry

  9. 9 Drg. Vera Julia, SpBM March 1, 2008 at 4:48 pm

    Mas Ferry,
    Kalo sepengetahuan saya RS Gigi dan Mulut UI, juga merupakan salah satu RS yang kompeten untuk pembedahan gigi dan mulut. Mengenai tenaga dokter gigi bedah mulut yang baik, ehm.. maaf yah, sekedar koreksi saja. Sebenarnya dalam pembedahan gigi bungsu, TIDAK DIPERLUKAN kekuatan, melainkan teknik pengambilan giginya yang harus baik dan tentunya dengan fasilitas yang baik pula. Jadi, itulah yang membedakan cara kerja drg bedah mulut dengan drg non bedah mulut dalam pengerjaannya. Begitu…

    Salam Hangat,
    Vera

  10. 10 Ferry March 2, 2008 at 12:04 pm

    Thanks ya mbak masukannya,

    kombinasi sih antara nggak tahu dan khawatir hee…hee…

    Saat ini saya masih minum antibiotik, kebetulan kemarin baru
    cek ke dokter gigi tapi bukan spesialis bedah mulut, terus
    dokter tersebut menawarkan penanganan operasi oleh dia.
    Agak khawatir juga kalo untuk urusan sperti ini nggak
    ditangani ahlinya….
    Sepertinya saya harus berkunjung lagi ke RS UI untuk hal ini.

    Oke terima kasih ya mbak, diskusi macam ini sangat bermanfaat
    buat menambah informasi
    buat kita2 yang masih awam. Dan sapa tau juga dapat dishare
    ke temen2 yang lain, karena keluhan macam ini sering terjadi

    salam,

    Ferry

  11. 11 gaLuh March 3, 2008 at 3:27 am

    dokter vera, setelah saya membaca post dokter, saya jadi tertarik tentang komplikasi2 yg biasa terjadi baik pasca operasi odontektomi maupun lainnya.. berhubung saya sedang mengambil skripsi mengenai anestesi beserta komplikasinya.. maka, jawaban dokter vera bisa saya pergunakan sebagai bahan skripsi saya.. mohon penjelasannya yang lebih detail dok, baik bacaan yang ada maupun pengalaman dokter sendiri mengenai komplikasi pd anestesi lokal dan penanganannya.. terima kasih banyak dok..

    PS: saya tunggu di email saya ya dok..
    mymyqta18@yahoo.com.. nuhun..

  12. 12 surya March 3, 2008 at 4:49 am

    mbak vera,
    kemarin saya melakukan pencabutan gigi M3 atas sebelah kiri sekarang setelah 4 hari perdarahan belum berhenti terkadang ada bau di kapas yang aga kurang enak…. apakah ini yang di sebut infeksi….?
    kira2 bisa sembuh ga dok…. soalnnya gigi sebelah dari pencabutan juga sakit kalo buat nekan kapas. tapi kalo ga ada kpas ga sakit.

  13. 13 Drg. Vera Julia, SpBM March 3, 2008 at 6:28 am

    dear mas surya,

    Seharusnya setelah pencabutan 1 hari itu sudah tidak ada perdarahan, paling juga darah sedikit campur ludah. Dan gigit kapas hanya di 1 jam pertama saja tujuannya untuk menghentikan perdarahan setelah tindakan cabut gigi tersebut di 1 jam pertama, setelah itu kapas dibuang. Nah, kenapa anda masih menggigit kapas setelah 4 hari? Coba anda baca posting saya tentang 10 kata jangan… semuanya ada disitu. Tetapi, bila pada hari ke 4 masih berdarah dan rasa sakit makin meningkat, maka sebaiknya anda kontrol ke drg anda. Sebab persepsi perdarahan pasien dan dokter kadangsuka berbeda… Jadi, sebaiknya segera ke drg anda untuk mengetahui dengan pasti permasalahan gigi anda tsb. Semoga membantu…

  14. 14 Revy March 4, 2008 at 7:43 am

    Hai dok,
    Kemaren aku ngejalanin root canal. Katanya syaraf giginya ‘dimatiin’. Tp kok sakit ya? Apa itu biasa? Trus digusi saya ada sedikit abses skrg lg diobatin jg tp dah mulai sembuh. Rencananya stlh perawatan root canalnya selesai mau dioperasi. Agak ngeri ngebayanginnya. Hasil rontgen giginya sih tegak tumbuhnya tp tdk pd tempatnya maksudnya agak miring dari gusi. Apa yg hrs saya lakuin sblm eksekusi gigi ini?

  15. 15 surya March 4, 2008 at 11:05 am

    mbak Vera,
    setelah saya ke dokter gigi drg bilang kalo saya terkena dry socket karena pembeku darah lepas ato gimana… intinnya ada yang lepas…
    kemarin sama dokternnya di kuret lagi biar darahnnya keluar. trus disuruh gigit kapas selama 1 jam tapi saya ketiduran sampe pagi… kalo seperti itu gimana? apa saya perlu ke drg lagi? sekarang pipi saya keliatan agak bengkak dan terasa ngilu pada gigi M2 atas sebelah yang tecabut kalo terkena air dingin. juga yang ingin saya tanyakan lagi kira2 apa yang perlu saya lakukan dirumh untuk kasus dry socket seperti yang saya alami.soalnnya kemari saya lupa tanya ke dokternnya…
    thanks mbak vera atas informasinnya…

  16. 16 Drg. Vera Julia, SpBM March 4, 2008 at 11:18 am

    Dear mas surya,
    Yah, mungkin saja terjadi dry socket, yaitu suatu fenomena dimana penyembuhan pasca ekstraksi terganggu karena tulang bekas soket pencabutan tidak terisi bekuan darah akibatnya jaringan tulang tersebut kosong dan biasanya memang sakit sekali. Tindakan penanganannya ialah kita harus membuat perdarahan baru dengan cara dilakukan kuretase. Biasanya, memang agak sakit sesudah dilakukan tindakan ini, dan pasien akan dibekali antibiotik dan analgesik. Yang perlu dilakukan oleh pasien ialah sebaiknya jangan mengganggu daerah tersebut dengan lidah, atau benda apapun, serta jangan berkumur terus, nanti bekuan darah yang terbentuk akan lepas terus (tidak terjadi penyembuhan. Mengenai gigi M2 yang ngilu, bisa saja karena bagian yang bersebelahan dengan gigi M3 tersebut ada yang terbuka atau mungkin ada karies di leher gigi M2. Mungkin drg anda bisa menjelaskan, karena saya khan tidak lihat secara klinisnya. Trims

  17. 17 Jeny Tee March 6, 2008 at 9:17 am

    Mbak Vera,

    Saya seminggu lalu menjalani operasi gigi bungsu kiri bawah, Setelah dilakukan operasi ia bilang sama saya bahwa agak kesulitan, katanya harus bor tulang dan katanya mahkota giginya nyangkut didepannya. Masalahnya sekarang adalah saya sudah mengalami rasa baal di separoh bibir bawah dan separuh dagu sampai batas garis mulut. Saya juga sempat mengalami lepas jahitan sehingga perlu dijahit ulang oleh kolega dokter karena dokternya merasa kesulitan, yang konon katanya mulut saya kecil tapi masih berani mengoperasi saya.
    pertanyaan saya adalah mengapa rasa baal demikian panjang dan sampai kapan akan pulih kembali? apakah bulanan atau tahunan?
    Apakah akan mengakibatkan baal permanent?
    Terima kasih banyak ya dokter Vera.. Saya berharap dokter bisa menjawab pertanyaan saya.

  18. 18 Jeny Tee March 6, 2008 at 9:35 am

    M’Vera..

    Aku mengalami baal sudah 10 hari, dan sekarang aku merasakan kesemutan dan rasa nyut-nyutan. Apakah ini merupakan tanda baik? namun sampai kapan akan pulih kembali. Terima kasih

  19. 19 Chandra April 14, 2008 at 10:08 am

    Dok, aku operasi gigi bungsu sebelah kanan bawah uda 1 tahun yang lalu ( bulan maret ), tapi sampai sekarang, bibir saya yang sebelah kanan bawah ini masih berasa kaku doc, apa ini yang disebut : baal (parestesi) ?

    Gimana cara menyembuhkan nya yah doc? Apa saya harus ke dokter syaraf?

    Terima kasih doc atas penjelasannya.

  20. 20 Berron May 12, 2008 at 9:37 am

    Hallo Dok. Vera…

    Saya laki2 berumur 25 thn, dan mengalami masalah gigi bungsu yg tumbuh tidak sempurna. Gigi bungsu tersebut tumbuh di graham bawah kiri dan kanan. Setelah saya melakukan rontgen panoramic, terlihat jelas sibungsu yang kanan tumbuh horizontal, sementara yg kiri tumbuh ke arah miring atas alias diagonal.

    Yang saat ini sedang mengalami masalah adalah yang bagian kiri. Si gigi bungsu tersebut sepertinya membuat rongga dengan gigi di depannya, yang menurut dokter gigi saya membuat terjadinya sisa penumpukan makanan dan menyebabkan caries yang menimbulkan rasa sakit di gigi graham tersebut.

    Saat ini, gigi graham yang bersebelahan dengan gigi bungsu tersebut sudah goyang atau otek. Sementara sibungsu sepertinya masih baik2 saja.

    Yang menjadi pertanyaan saya, bisakah saya mencabut saja si gigi graham yg sudah otek dan notabene penuh tambalan tersebut, atau tetap saya pertahankan dan mencabut sibungsu yang masih baik2 saja ?

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya atas jawaban dokter Vera.

    Salam hangat,

    Berron

  21. 21 ima June 16, 2008 at 9:01 am

    Dok, dari hasil pemeriksaan dan foto panoramic, drg saya menyarankan pencabutan 4 gigi bungsu saya, karena 2 bagian bawah semuanya tumbuh di bawah geraham dan dua di atas tidak tumbuh tetapi terlihat posisinya menekan.
    Dianjurkan untuk langsung di cabut 4-4nya… dan saya memilih bius total karena saya ngeri ..
    Kira2 komplikasi yg mungkin timbul apa?
    Dan apakah tidak menjadi masalah kalau langsung dicabut 4-4nya?
    Tolong rekomendasinya dok…

  22. 22 Andhika June 30, 2008 at 7:59 pm

    Hallo dok, salut banget neh ama dokter. Friendly banget orangnya, aku mo tanya pasca operasi gigi graham akhir. Setelah di cabut kok rasa ngilu itu masih ada ya, aku operasinya ud sekitar 1 minggu yang lalu. Bengkak ud g ada sih. Tapi cenut2nya itu, aduh2..Dok, kira2 kapan ya gusiku yang berlubang ini akan tertutup?
    Lalu apakah obat yang aku konsumsi perlu di pesan lagi, karena ud mulai habis. Knp gusi bekas pencabutan dibiarkan berlubang? Obat yang dikasih ma dokterku..Antara lain deximox, ponstan, lalu pil kecil ak g tau namanya.Terima kasih sebelumnya dok.

  23. 23 erni July 2, 2008 at 3:05 pm

    Dear Dokter Vera,

    Umur saya 25, 2 tahun yg lalu saya mengalami gangguan gigi bungsu, krn bengkak bagian gigi bungsu kanan bawah, dokter gigi mencabut gigi bagian atas, gigi bungsu bawah masi ada,setaon kemudian(taon lalu), gigi bungsu bagian kiri jg bengkak, kali ini dokter gigi menyarankan utk ronsen panoramik, setelah dironsen, dokter tsb menyarankan utk merujuk ke dokter specialist bedah mulut, dokter SpBM menyarankan utk mengangkat gigi bungsu kanan & kiri (bagian bawah) katanya jika tidak di angkat, maka gangguan tersebut akan terus menerus, yg ingin saya tanyakan:
    1. skrg kondisi gigi saya sudah tdk lg sakit (semenjak ronsen), apakah suatu hari akan bengkak lagi?
    2. apakah gigi bungsu akan tumbuh berubah posisi, maksud saya taon lalu posisi hanya sedikit miring, apakah masa yg akan dtg akan berubah lebih miring?
    3. saya mendengar mitos bahwa jika posisi gigi bungsu tumbuh ke permukaan, berarti gigi bungsu tersebut tdk perlu diangkat lg, apa benar?
    Trims atas penjelasannya

  24. 24 yustin July 10, 2008 at 9:02 am

    dear dr vera,
    sy mempunyai masalah gigi saya PM2 kiri atas saya tidak keluar, sehingga masih tertanam di gusi atas dalam kondisi miring. karena beberapa terapi yang menurut saya salah sasaran, (tidak pernah dirongent, keluhan sebelumnya gak enak pada gigi pm1, sempet berulang di root canal bertahun2), akibatnya jd pm1 akhirnya menjadi gigi mati dan sekarang agak kehitaman. yg saya mau tanyakan gigi impaksi itu haruskah di operasi? atau pilihan ke 2 gigi pm1 dicabut dengan harapan pm2 yg impak bisa turun,tp kalo dari melihat fotonya sih miring, jd kemungkinan turun agak lama.

    sy sempet menanyakan ke drg, sarannya dioperasi saja (dibuang), nanti pm1 yg udah mati itu di crown. apa aja sih bahaya kalo mengoperasi area di rahang atas?(banyak saraf2)
    bagaimana menurut drg vera ya?
    terima kasih sebelumnya

  25. 25 kresna July 28, 2008 at 2:10 pm

    dok, saya usia 25 tahun, bbrp hari lalu saya cabut gigi geraham kiri bawah paling belakang, pertanyaan saya kenapa separuh lidah saya jadi seperti mati rasa , dan sudah seminggu, sempat di beri vit neurovit c tapi keadaan masih tidak berubah, apa yg harus saya lakukan dok ? terima kasih

  26. 26 Ib September 30, 2008 at 2:09 pm

    dear drg Vera,

    pagi ini saya baru rontgen panoramik. Dua gigi geraham bungsu bawah saya tumbuh “tidur”. oleh karena itu SPBM saya sarankan untuk operasi.

    dari hasil foto tersebut, dokter menyebutkan kalau gigi saya tertanam agak dalam, dan beresiko karena dekat dengan syaraf.
    Beliau juga ceritakan komplikasi terburuk, yaitu luka/terputusnya syaraf ke bibir. efeknya adalah bibir tidak dapat merasakan apa-apa sampai 3 bulan(masa penyembuhan) atau malah permanen.

    wah, saya jadi khawatir, Dok …

    mohon pencerahannya.

    salam,
    Ibr

  27. 27 Drg. Vera Julia, SpBM September 30, 2008 at 2:39 pm

    Dear Ibr,

    Drg SpBM anda hanya berusaha menjelaskan resiko dan komplikasi yang mungkin dapat terjadi. Karena proses pembedahan di tubuh manusia kadang dapat menimbulkan beberapa resiko yang tidak diinginkan. Jadi, yang diupayakan adalah terjadi pemahaman akibat proses pembedahan gigi bungsu anda, dan bila anda sudah membertimbangkan resiko yang anda dapat terima dibandingkan dengan benefit yang anda terima, barulah anda memutuskan untuk melakukan operasi gigi bungsu tersebut atau tidak. Karena ronsen panoramik hanyalah deskripsi anatomis secara 2 dimensi sehingga tidak dapat memastikan apakah posisi kumpulan saraf tersebut benar-benar tepat disekitar gigi bungsu yang akan dioperasi, atau hanya overlapping saja. Untuk itu diperlukan inform concent dalam melakukan tindakan ini. Apa yang dijelaskan oleh drg SpBM anda sudah tepat karena penyembuhan saraf itu sangat lambat sekali atau bila ternyata putus ya tidak dapat kembali lagi. Umumnya hanya sifat sensoris dari saraf saja yang terganggu…

    Wassalam

    Vera Julia

  28. 28 Ib September 30, 2008 at 3:29 pm

    wow …
    thanks for the prompt response !

    ya, menurut spbmnya posisi gigi dan syarafnya cenderung dekat.
    resiko terparahnya, bibir akan baal selama syaraf belum sembuh?

    smoga di bandung ada dokter2 yang ahli yaa

    sekali lagi, terimakasih !

  29. 29 Drg. Vera Julia, SpBM September 30, 2008 at 10:47 pm

    Dear Ib,..

    Tetapi dengan teknik yang precise dan sangat hati-hati resiko seperti itu dapat diminimalkan…;)

    bregards
    vera

  30. 30 rachmad October 13, 2008 at 6:42 am

    Yth,
    drg. Vera….

    SAya memiliki masalah dengan gigi geraham kanan bawah yang paling belakang. Dimana saya dapat Hub Ibu?
    Ini no hp saya 0812 9889944 / 0818 07224466
    Saya sangat membutuhkan inf mengenai operasi gigi geraham belakang karena jujur saja saya sangat takut.
    Saya tunggu kabarnya.
    Terima kasih.

  31. 31 Drg. Vera Julia, SpBM October 13, 2008 at 7:42 am

    Dear Rahmad…
    Untuk konsultasi dapat datang saja langsung ke tempat praktek saya yang bisa anda lihat di Curiculum Vitae.

    Wassalam,
    Vera julia

  32. 32 agung November 18, 2008 at 8:27 am

    Yth
    Drg Vera..
    begini dok saya mau operasi gigi bungsu geraham bawah kanan, keluhan yang dirasa selama ini kadang untuk menggerakkan rahang kanan agak sakit tapi kondisi tersebut cepat hilang,tetapi muncul lagi selang beberapa minggu, setelah di rontgen panoramic ternyata geraham kanan bawah paling belakang terlalu dempet dengan gigi sebelahnya, pra operasi apakah ada efeknya apabila calon pasien yang akan dioperasi gigi memiliki history sakit THT, Liver, atau sakit maag akut,dan terakhir posisi kanan bawah berdekatan dengan kelenjar nasofaring apakah beresiko ? Mohon penjelasannya dok thanks before..sukses slalu !!

  33. 33 Asep Winara November 24, 2008 at 9:33 am

    Yth. Drg. Vera,

    Sudah 3 minggu istri saya dioperasi gigi bungsu geraham kiri (atas & bawah) di rumah sakit Boromeus Bandung, sampai sekarang efeknya masih ada. Dia kalau pagi lemes sekali dan mual2 ingin muntah. Selain itu kalau kumur2 atau minum, ada sebagian air yang masuk ke rongga hidung (keluar lewat lobang hidung kiri) dan menyebabkan sakit ke sekitar mata dan kepala belakang. Bahkan 2 minggu yang lalu sempet depresi berat. Berat badannya juga turun drastis. Kira2 bagaimana cara mengatasinya? Kontrol ke dokter sudah dilakukan secara teratur sesuai saran dokter ybs.

    Terima kasih & salam

    Asep Winara

  34. 34 reny December 18, 2008 at 9:52 am

    Yth. Drg. Vera,

    dok, 5 hari yang lalu saya melakukan pencabutan gigi bungsu sebelah kanan. pendarahan terjadi di hari pertama saja, besoknya tinggal dikit2 aja, terus sekarang bengkaknya juga udah agak kempes. tapi yang mengganggu saya, saya ga bisa buka mulut lebar2, cuma bisa masukin jempol saya aja, kadang itu juga harus pelan2 biar bisa masuk, klo dipaksa buka lebar, rahang kanannya sakit.
    yang saya mau tanyakan, apakah gejala ini normal? berapa lama ya bakal kaya gini terus?
    selain minum obat (cefat), ada terapi khusus yang bisa dilakukan sendiri kah dok?
    terima kasih banyak atas responnya.

    BR//reny

  35. 35 farah December 29, 2008 at 9:01 am

    Kemarin saya baru melakukan operasi pengangkatan geraham belakang kiri karena posisinya yang miring dan mengakibatkan ‘gangguan’ dengan gigi depannya. Mahkota gigi udah diangkat, tapi akar gigi tidak mau terangkat walau sudah goyang, dan pada saat operasi saya sudah dianastesi cuma saya tidak kuat lagi untuk melanjutkan dan kelihatannya dokter gigi saya agak sedikit bingung. jadi saya minta ke dokter gigi saya untuk to be continue. Apakah akar gigi yang masih tertinggal akan mengakibatkan trouble di kemudian hari? Informasi yang saya dapat, minimal 3 bulan akar gigi akan terangkat dan mudah untuk diambil. Trims for the information before

  36. 36 Drg. Vera Julia, SpBM January 2, 2009 at 6:59 am

    Dear farah,
    Maaf saya tidak berhak memberi keterangan terhadap kasus pasien yang sedang dalam penanganan dokter gigi lain, tanpa saya mengetahui dengan pasti keadaan klinis kasus tersebut dan ditunjang pula dengan anamnesa dan beberapa pemeriksaan penunjang yang mendukung tegaknya diagnosa suatu penyakit. Untuk itu silahkan anda meminta keterangan sejelas mungkin dari dokter gigi anda.

    salam
    vera julia

  37. 37 vincent_12610 January 2, 2009 at 7:43 pm

    dok, mo tanya nih

    sekitar sebulan yang lalu saya ke RS u/cek gigi kiri atas paling belakang yang ga enak. Katanya cuma karena karang gigi, terus disarankan u/dibersihkan, semuanya. Dianjurkan juga u/pake dental floss dan menggunakan sikat gigi yang lehernya kuat supaya lebih kuat tekanannya.

    Kemudian terasa ngilu setiap minum panas (kopi) atau dingin (es krim) yang berangsur hilang (adaptasi kali ya dok). Tapi rasa ga nyaman di gigi kiri atas paling belakang itu mulai menjadi-jadi.Bikin ga mood untuk kerja or doing something.

    Pengennya dicabut, karena ga repot u/bolak-balik nambal (belum kalo tambalannya lepas or nambalnya ga bagus) cuma katanya kemungkinan ada efeknya ke saraf mata kalo yang geraham di atas yang paling bontot itu dicabut (karena tertanam cukup or maybe paling dalam kali ya …).

    Ada saran ga dok? Oh ya, saya tinggal di Pasar Minggu yang cenderung dekat ke Depok.

    Dok, satu lagi, saya masih belum terbiasa menggunakan dental floss (paling cuma beberapa gigi depan saja yang bisa dibersihkan), ada saran bagaimana u/membersihkan gigi (secara maksimal) dengan dental floss?

    tq

  38. 38 wida tira January 8, 2009 at 3:59 am

    dok, saya mahasiswi umur 20tahun,beberapa hari yang lalu saya melakukan pencabutan 2 geraham kanan bawah , setelah dicabut masih ada gigi yang tersisa ternyata dan menyebabkan infeksi. geraham saya mulai kaku kalo digerakkan. apakah diperlukan operasi dok?

  39. 39 Drg. Vera Julia, SpBM January 8, 2009 at 4:25 pm

    Dear wida tira,

    Idealnya pencabutan gigi harus tuntas sampai terambil semua komponen gigi yaitu mahkota dan akar giginya. Karena bila tidak dapat menjadi fokal infeksi, kecuali untuk beberapa kasus yang membahayakan struktur anatomi vital rongga mulut, maka bisa saja akar gigi itu ditinggalkan. Tapi, bila kasusnya sampai menyebabkan infeksi dan keluhan lainnya ya sebaiknya akar gigi tersebut segera diambil dan dilakukan debridemant terhadap soket gigi bekas pencabutan tersebut. Untuk menentukan perlu operasi atau tidak harus dilakukan pemeriksaan keadaan klinis gigi tersebut, bila tidak terlihat secara klinis, maka perlu dilakukan pemeriksaan radiologi untuk menentukan lokasi akar gigi tersebut. Jadi, sebaiknya anda segera mencari Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut anda untuk berkonsultasi, atau meminta dokter gigi yang mencabut anda sebelumnya untuk merujuk anda ke Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut.

    Wassalam,
    Vera Julia

  40. 40 Andi January 26, 2009 at 7:20 am

    Dok, Istri saya beberapa hari lagi akan mencabut gigi graham nya yg sebelah kiri, gigi itu sudah pecah sejak lama, karena belum mempunyai keberanian maka ia belum mau cabut, tetapi seminggu terakhir ini di mengeluh , rahang sebelah kananya terasa pegal sekali, di prediksi karena dia selalu menguyah menggunakan bagian kanan, maka bagian kiri tidak dipakai. Rencananya dia sekalian mau mencabut gigi graham bungsunya yang sebelah kiri juga, karena gigi tersebut tertanam di dalam dan posisinya miring. Dan diduga akan mempengaruhi dental implant nantinya. Yang saya ingin tanyakan adalah :
    1. Saya pernah mendengar ada pembengkakan kelenjar getah bening di tenggorokan karena cabut gigi, bagaimana ini bisa terjadi?
    2. bila ada gangguan pada kelenjar ludah, katanya tidak bisa dipasang dental implant ? Apakah Benar ?
    3. Apakah setiap orang bisa mempergunakan dental implant bila luka sudah kering ? Berapa lama waktu yang dibutuhkan sejak cabut gigi sampai pemasangan crown implant nya?
    Terima kasih sebelumnya . Ditunggu jawabannya.

  41. 41 maha February 17, 2009 at 2:32 am

    dok,langsung aja saya mau menanyakan kenapa setelah pasca operasi saya ada susah untuk menelan makanan dan sering muntah2…apakah ada yang mempengaruhi sistem pencernaan?
    operasi yang dilakukan pencabutan gigi bungsu sebelah kiri dan kanan.
    sebaiknya harus gimana dok?makanan seperti apa yang harus saya makan…?
    terima kasih sebelumnya

  42. 42 drgDONDY February 26, 2009 at 1:25 am

    alo mbak vera…saya mampir lage lihat keluhan orang2 pasca odont. bagus blog nya kasih pengertian kepada para px.good luck…have a nice work…..by t way anda dinas dmana yah mbak ?instansinya dmana ?

  43. 43 drgDONDY February 26, 2009 at 1:28 am

    mbak vera yang rajin update blog biar pengunjung gak kecewa, saya pasti update blog tuh mbak……biar yang tanya2 gak males juga rajin mampir ke blog kita. thanks

  44. 44 jan February 27, 2009 at 4:37 am

    dok, apa kalo operasi yang dalam letak gigi, penyembuhannya lebih lama?
    karena ini hari ke 4 pasca opersi tapi kenapa masih ada pendarahan dan bengkak menurunnya lambat sekali.
    apa batas atau tanda2 yang masih bisa di toleran, dari sebuah bedah mulut pencabutan gigi graham biasa?
    terima kasih.

  45. 45 Drg. Vera Julia, SpBM March 4, 2009 at 2:57 am

    Dear drg dondy..

    Terimakasih atas kunjungannya ke blog saya.. Oya, saya staf pengajar paruh waktu di Departemen Bedah Mulut Universitas Indonesia, dan juga berpraktek di 2 RS di Wilayah Depok (see details on about me posting). Sukses selalu untuk anda juga ya…

    Wassalam

    Vera Julia

  46. 46 Drg. Vera Julia, SpBM March 4, 2009 at 3:02 am

    Dear drg Dondy..

    Maunya sih rajin terus update blog, tapi kadang inspirasi suka mentok, soalnya saya maunya memang blog ini berisi informasi tentang bedah mulut gitu, jadi suka terinspirasi kalo ada pasien bertanya atau mengeluh, begitu…. Btw, terimakasih ya sudah berkunjung berkali-kali ke blog saya, nanti saya juga berkunjung ke blog anda…

    wassalam
    vera julia

  47. 47 Drg. Vera Julia, SpBM March 4, 2009 at 3:24 am

    Dear Jan..
    Biasanya memang kalo lebih dalam posisi gigi biasanya akan lebih bengkak dan mungkin sembuhnya lebih lama, tapi hal ini sangat tergantung daya tahan tubuh terhadap trauma, kadang ada yang sulit operasinya tapi pasien merasa bisasa saja, di satu sisi ada operasi yang tidak terlalu sulit, respon pasien bisa heboh, begitu. Saran saya sih, tetap tenang saja menghadapi reaksi pasca operasi, kecuali memang tidak dapat ditoleransi lagi rasa sakitnnya atau memang bengkaknya terasa sangat mengganggu anda harus kembali ke dokter yang mengoperasi anda, bukan ke dokter lain agar informasi yang anda dapatkan akan sinergis dan tidak simpang siur. Kadang ada pasien yang terlalu panik pada hari pertama operasi, dan datang kontrol bukan ke dokter gigi yang mengoperasinya, malah datang ke dokter lain. Pendarahan juga sering salah diartikan oleh pasien. Pendarahan itu harusnya berwarna merah dan mengalir terus menerus sampai memenuhi rongga mulut, tapi kalo hanya ludah yang campur darah itu hal yang biasa saja.. Maka dari itu, sebelum dilakukan tindakan operasi gigi pada diri anda, tanyakan yang sejelas-jelasnya ke drg anda tsb, dan sesuadah operasi tanyakan juga hal-hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, dan hal apa yang perlu diwaspadai…

    Terimakasih..

    Vera Julia

  48. 48 Saskia March 5, 2009 at 2:25 am

    Dear Dok. Vera,,

    Dok saya sudah dua tahun mengalami pembengkakan di pipi sebelah kanan..

    dokter menyuruh saya untuk melakukan operasi…

    akan tetapi hingga skr saya masih takut…

    apa tidak ada jalan keluar lain ya dok selain operasi?

    dan melihat banyak juga komplikasi yang bisa ditimbulkan pasca operasi saya semakin takut..

    bagaimana ya Dokter? Trims.

  49. 49 mira March 10, 2009 at 4:23 am

    dok,sy mau tanya2,awal januari kemarin saya operasi gigi bungsu kiri bawah,beberapa hari udah sembuh,cuma daerah bibir ke dagu bagian kiri terasa seperti kesemutan saya pikir mungkin masih pengaruh obat biusnya ternyata udah hampir sebulan trus agak hilang,ternyata sekarang saya merasakan kembali kesemutan didaerah yang sama.
    saya mau tanyakan apakah itu bisa karena pengaruh operasi,karena sepengetahuan saya di gigi banyak syaraf2,takutnya ada syaraf yang kena karena operasi tersebut?
    sebaiknya bgmn?adakah penyembuhan???

    sebelumnya saya ucapkan terimakasih
    mohon untuk direplay langsung jg ke email saya
    terimakasih

  50. 50 Drg. Vera Julia, SpBM March 11, 2009 at 2:20 pm

    Dear Mira,

    Sebaiknya anda kontrol kembali ke drg anda dan katakan keluhan yang ada, sehingga drg anda yang mengoperasi mengetahui keluhan pasca operasi yang anda alami sekarang. Tapi, secara umum tanpa mengetahui kondisi awal gigi anda, memang ada beberapa kasus yang dapat menyebabkan rasa kesemutan karena posisi gigi sangat dalam. Tapi, untuk mengetahui secara pasti apa yang anda alami, tindakan yang paling bijaksana ialah kembali dan datang kontrol ke drg yang mengoperasi anda.

    wassalam
    Vera

  51. 51 lia March 14, 2009 at 11:30 pm

    Dok, saya sudah hampir sebulan lalu operasi gigi bungsu bawah kanan. Tapi sampai sekarang kok masih sakit ya? sakitnya dari rahang bawah sampai kira2 2 jari diatas telinga. sakit yang paling dominan didepan lubang telinga, sakit sekali seperti ditusuk2. Kadang buat menelan juga ga enak rasanya. Dari setelah operasi sampai sekarang, sudah banyak sekali obat yang saya minum, a.l. lyndamycin, seminac, bellaven, kadang kalo udah ga tahan pake profenid juga. Sudah hampir sebulan ini saya ga bisa tidur gara2 sakit itu. Saya juga sudah bolak-balik kembali ke dokter yg mengoperasi saya. Tapi ga ada perubahan. Apakah saya perlu konsul ke dokter syaraf atau bedah syaraf? Mohon saran dok. Tks.

    • 52 Drg. Vera Julia, SpBM April 1, 2009 at 2:34 am

      Dear Lia,
      Apakah sudah dilakukan ronsen panoramik ulang pasca operasi? Untuk sakit pasca operasi yang anda gambarkan itu tidak umum terjadi oleh karena itu harus diketahui secara pasti penyebabnya. Sebaiknya anda coba juga berkonsultasi dengan drg Bedah Mulut..

      wassalam
      vera julia

  52. 53 marsya March 15, 2009 at 3:36 pm

    Dear dokter,

    saya punya masalah, saya sudah melalui proses operasi gigi semenjak bulan november. tapi sampai detik ini saya masih merasa ada bagian yang masih ba’al (seperti rasa kebal saat disuntik anastesi). hal tersebut sudah pasti tidak wajar bukan? bagaimana ini kata dokternya harus rajin mengkompres dgn air hangat, teman saya yg dokter menyarankan saya untuk minum vitamin b6. saya benar-benar bingung// šŸ˜¦ help.

    Marsya.

    • 54 Drg. Vera Julia, SpBM April 1, 2009 at 2:45 am

      Dear Marsya,
      Rasa kebal kadang memang terjadi pada kasus gigi bungsu yang terpendam cukup dalam, dan biasanya kemungkinan ini akan diinformasikan ke pasien sebelum dilakukan pembedahan (inform concent), biasanya rasa baal ini akan kembali dalam waktu yang tidak bisa ditentukan, bisa saja meminum medikasi untuk vitamin syaraf, sebaiknya anda pergi ke drg bedah mulut dan nanti drg BM anda akan meresepkan obat-obat tersebut, dan coba diperhatikan apabila rasa baal itu berkurang dari hari ke hari atau kah menetap.. Kembali normal atau tidaknya rasa baal tersebut sangat tergantung dari posisi gigi bungsu anda dan teknik pengangkatan gigi tersebut, namun kadang-kadang tusukan jarum juga dapat menimbulkan rasa baal tersebut.. Tidak kembali normal rasa baal tersebut bila pengangkatan gigi bungsu melukai saraf disekitar gigi bungsu sampai menyebabkan saraf terputus, namun biasanya hal ini sangat jarang terjadi

  53. 55 Ika Fitrian April 22, 2009 at 3:29 am

    Dear Dok,

    Saya sudah dioperasi gigi geraham atas & bawah setahun yang lalu oleh SpBM.

    Sehabis dioperasi daerah sekitar mulut bibir kanan terasa baal.entah gusi, gigi atau mulutnya.

    Saya tanyakan k dokter yang bersangkutan katanya nanti juga hilang kok.

    Tapi sudah setahun pasca operasi knp masih baal juga yaa?
    tapi ga sakit seeh.

    Terima Kasih dokter atas jawabannya

  54. 56 GajaH April 23, 2009 at 12:44 am

    pagi dok.. saya mau tanya benarkah ada operasi untuk penanaman gigi? kira2 berapa dok biayanya dan apa resikonya?

  55. 57 melanie May 5, 2009 at 6:20 am

    sekitar seminggu yang lalu saya ke drg utk cabut gigi geraham sebelah kiri. ini pertama kalinya saya cabut gigi.kata orang se rasanya sakit.tapi sy branikan diri d buat dicabut coz sdh menimbulkan bau yg tdk sedap, sehingga saya tdk PD klo mesti bercakap-cakap dgn rekan saya.hehe..awalnya gigi graham sy tu rapuh, lalu berlubang dan bernanah..hal ini sy sdh raskan lama, yg pst lbh dr 5 thn.
    sbnrnya sy tdk yakin hari itu sy bisa lgsg dicabut ato tdk. mslhny gigi sy trasa ngilu jika diketuk. tp trnyta dokter blg sdh bs dcabut..heran jg sih soalnya sblmnya sy prnh ke drg yg lain, dok blg mesti dikasi obat dulu sampai rasa sakitnya hilang. dan itu berlangsung 2x.
    akhirnya sy putuskan jg d utk dicabut saat itu jg..si dok menyuntikkan semacam obat bius gt (hehe ga tau namanya, anestasi bkn??) bibir kiri bagian bawah dan lidah saya trasa besar dan semutan..ya pengaruh bius kali.dan proses pencabutan dimulai..and sekitar 15mnt barulah selesai.
    pasca cabut gigi, badan sy trasa ga enak, mual, rada demam, puyenk, ga kuat berdiri lama2, lemes,blablablaā€¦sampe sy ke dokter umum utk konsultasi kshtn, lambung sy luka krn obat yg dbrikan drg terlalu keras utk lambung sy krn sy pny pnykt maag dr kcl. slain itu dampak yg msh sy rsakan smpe skrg yaitu sariawan yg buaaanyaakk bgt disekitar bekas suntikan aja ada 3 sariawan, gusi atas nya jg sariawan, dibibir kiri bgian bwah yg sempet trasa besar ada 3 sariawan yg bsr2, belum lagi di lidah, waduh sengsara d..makan sakit..dan yg pst hari-hari ini lbh pendiam gara2 sariawan heheheā€¦malez bgt ngomong gara2 sariawan yg begitu perih dan ada di sekitar bibir,maluw d klo ngobrol ma org2 gara2 sariawannya bsr2 dan kliatan bgt dskitar bibir, rada bengkak pula lageā€¦hikz..emangnya slalu begini ya pasca cabut gigi???

  56. 58 wulandari May 15, 2009 at 9:56 pm

    dok….rencananya selasa bsk sy mau operasi gigi. Ada sisa akar yg tertinggal jd harus dioperasi. Bagaimana tahapan2 dalam operasi itu nanti ya dok….mulai dari pembiusan….dan lain sebagainya. Saya ingin tau dok….thx

  57. 59 Kurniawan Juli May 25, 2009 at 1:56 am

    Dear Dokter,

    Mbak Dok.saya telah menjalani operasi lokal pengangkatan gigi bungsu sebelah kiri dan posisinya tidur gitu, setelah satu minggu jahitannya dilepas, kenapa setelah jahitannya dilepas kok lubang bekas gigi yang dicabut masih terbuka ya dok., kata dokter yang ngelakuin operasi itu normal? saya nggak ngerti sama sekali, apa benar gak apa-apa Mbak Dokter? bingung nih, soalnya kalo makan nasi lembek, dan bubur sering nasinya sering nyangkut disitu…help.

    kurniawan

  58. 60 astuti May 29, 2009 at 8:55 am

    dok, saya mo nanya gigi bungsu kanan bawah tinggal separo,sudah sy foto rontgen,disaranin drg ku utk ke bedah mulut,cabut yg sebelahnya…biayanya mahal gak dok…dr vera yg praktek di rs bunda ya makasih infonya dok

  59. 61 astuti May 29, 2009 at 8:58 am

    dok,kalau dr vera biusnya dikasih gel dulu br disuntik ya dok.soalnya denger2 kalau pakai gel agak kurang sakitnya heheh…maklum dok takut jarum


  1. 1 operasi gigi bungsu ku (2) « C.E.R.I.T.A Trackback on March 31, 2009 at 5:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s