10 Kata “Jangan” Yang Harus Anda Ingat Setelah Operasi Gigi


Depok, 9 Pebruari 2008: Jam 22.00 WIB

Pengunjung Blog yang terhormat,

Khusus bagi Anda yang baru saja dan akan melakukan operasi gigi, ada 10 hal penting yang harus Anda ingat demi kesembuhan gigi Anda tersebut, yaitu:

  1. Jangan lupa menggigit tampon di daerah bekas operasi selama 30 – 60 menit, setelah itu kapas bisa dibuang.
  2. Jangan berkumur-kumur keras dalam 24 jam pertama pasca operasi. Ingat, semakin berkumur akan semakin berdarah.
  3. Jangan banyak meludah, atau mengumpulkan ludah, ludah sebaiknya ditelan saja.
  4. Jangan merokok, khusus bagi Anda yang perokok, cobalah tahan keinginan untuk merokok ini terlebih dahulu sampai gigi Anda benar-benar sembuh.
  5. Jangan mempermainkan daerah operasi dengan lidah atau benda lainnya, apalagi dengan tangan atau benda keras lainnya.
  6. Jangan makan dan minum yang panas atau pedas pada 24 jam pertama, dianjurkan untuk meminum yang dingin.
  7. Jangan lupa mengompres dingin pada daerah pipi selama 24 jam pertama, pada hari selanjutnya dilakukan kompres hangat.
  8. Jangan panik jika terjadi pembengkakakan, karena pasca operasi umumnya terjadi pembengkakan. Untuk beberapa kasus, kadang menimbulkan rasa baal atau kesemutan pada daerah sekitar pasca operasi.
  9. Jangan lupa meminum obat secara teratur sesuai dengan anjuran Dokter Gigi yang telah mengoperasi gigi Anda.
  10. Jangan lupa untuk kembali kontrol kepada Dokter Gigi yang telah mengoperasi gigi Anda.

Demikianlah informasi ini, semoga bermanfaat.

Drg. Vera Julia, SpBM
(Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut & Maksilofasial)

29 Responses to “10 Kata “Jangan” Yang Harus Anda Ingat Setelah Operasi Gigi”


  1. 1 uliex March 13, 2008 at 8:09 am

    Thanks info nya, malah saya tidak mendapat info in dari dokter yg mengopersi saya, saya baca ini baru saja saya melakukan opersi dan bingung apa saya lakukan, dan sya baca info ini

  2. 2 Drg. Vera Julia, SpBM March 13, 2008 at 10:46 am

    Dear Uliex..
    Memang blog ini dibuat untuk sharing info saja, agar para pengunjung blog yang berencana atau sudah dilakukan operasi bedah mulut menjadi tidak bingung dan panik… senang sekali informasinya dapat membantu…

    wassalam,
    vera

  3. 3 Yenny April 25, 2008 at 3:34 am

    Dokter,

    Saya 1,5 minggu yg lalu operasi gigi bungsu karena tumbuhnya miring. Pada saat operasi, gigi tersebut dibelah menjadi 2 untuk mempermudah pencabutan (Kata dokter yg mengoperasi).
    Setelah melalui proses operasi sekitar 2 jam, gigi yg separuh berhasil diangkat tetapi yg separuhnya lagi gagal diangkat karena dokternya sudah menyerah. Kemudian dokter tersebut menawari saya untuk jadwal ulang operasi dan dia akan memanggil dokter spesialisnya. Karena pada saat operasi saya sudah merasakan betapa sakitnya dioperasi, saya tanya kepada dokter yg bersangkutan apakah ada efek sampingnya jika sisa separuh gigi tidak diangkat ? Dan katanya tidak apa2. Kemudian saya memutuskan operasinya tidak usah dijadwal ulang (Soalnya udah kapok rasanya dioperasi .. hehehe ..).
    Nahhh … Yg membuat saya heran, dokter tsb tidak mau dibayar, alasannya nanti saja bayarnya kalau sisa separuh giginya udah diangkat (Operasi ulang).
    Yang menjadi pertanyaan saya :
    1. Apakah memang ada kode etik di kedokteran gigi apabila gagal operasi tidak mau dibayar ?
    2. Apakah dokter yg mengoperasi saya termasuk Malpraktek ?
    3. Apakah memang benar sisa separuh gigi saya tidak menimbulkan efek samping ? Karena saat ini kadang2 saya masih merasa ngilu trus impactnya kepala ikutan sakit.
    Mohon saran dari dokter.
    Terima kasih atas jawabannya.

  4. 4 Drg. Vera Julia, SpBM April 25, 2008 at 5:12 pm

    Dear mbak Yeni,… untuk masalah mbak yeni ini, terutama tentang kenapa dokternya gak mau dibayar mungkin tidak berkaitan dengan kode etiknya sih, cuma kebijaksanaan si drg saja agar tidak memberatkan si pasien (Justru anda harusnya bersyukur zaman sekarang masih ada drg yang seperti itu).Blog ini di buat agar si pasien dapat lebih memiliki pengetahuan dalam memilih dokter yang sesuai dengan kompetensinya. Umumnya sih bila diluar batas kemampuan pengerjaan drgnya sah-sah saja untuk menunda operasi dan kemudian merencanakan rujukan ke drg spesialis Bedah Mulut. Kesulitan operasi kadang juga bisa terjadi selama pengerjaan operasi dan tidak semudah itu memberikan kesimpulan drg anda malpraktek. Untuk gigi yang tersisa sebaiknya sih segera diangkat, memang untuk beberapa pasien kadang bisa menimbulkan rasa nyeri, namun ada juga sih yang tidak menimbulkan keluhan apa-apa… Tapi, tetap saja gigi tersebut merupakan benda asing bagi tubuh yang harus diangkat.

    Semoga jawaban saya cukup memuaskan…

    Vera

  5. 5 Santi Dewi May 10, 2008 at 4:27 am

    Dear Mbak Vera, wah sebelum mo nanya-nanya aku membaca profil Mbak dan aku ingin memberikan satu komen: CV Mbak tuh keren banget. He(3X).. Aku juga mahasiswa UI sih, tapi bukan mengambil program studi Kedokteran Gigi makanya kuliahnya di Depok. Ok, aku mo tanya nih. Aku punya temen dan temen aku itu mempunyai keponakan yang terkena sumbing langit-langit. Menurut kakaknya (yang notabene adalah ibu si bayi) bilang klo itu semua disebabkan ketika sedang mengandung anaknya yang ke-2 ini, dy tidak dianjurkan oleh dokternya untuk melakukan suntik virus, alhasil ketika lahir anaknya sudah terkena sumbing langit-langit tadi. Pertanyaan yang ingin aku tanyain adalah:

    1. Apa itu sumbing langit-langit?

    2. Menurut informasi yang aku dapatkan dari internet, katanya sumbing langit-langit ini harus dioperasi. Pada usia berapa yang tepat untuk melakukan tindakan operasi? Sebagai catatan, keponakan temen aku itu saat ini baru berusia 10 bulan.

    3. Bisa tak Mbak Vera memberikan referensi di mana sebaiknya keponakan temen ku itu dirujuk untuk bisa dilakukan operasi?

    4. Terakhir dan yang paling penting berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisa melakukan operasi sumbing langit-langit. Klo bisa sih sudah terhitung juga dengan biaya untuk kontrolnya.

    Sekian pertanyaanku. Maaf yah klo aku nanyanya terlalu panjang. u berharap Mbak Vera bisa membantu aku, karena info ini akan aku sampaikan ke temanku yang memiliki keponakan tadi.

    Terima Kasih

    Santi

  6. 6 Bainah Sari Dewi July 14, 2008 at 1:15 am

    Mbak Vera, salam kenal, halaman pertama sudah ada soal gigi…nih.
    Saya temennya Pak jack Morino, suami Mbak di Jepang.
    Salam hangat dari kami di Tokyo.
    Mampir ya ke web saya di tempat yang sama nih.

    salam

    dewi

  7. 7 Drg. Vera Julia, SpBM July 14, 2008 at 9:41 am

    Dear mbak Dewi,

    Salam kenal kembali, semoga senang dan gak bosen ya ngebaca blog saya ini… Soalnya isinya gigi melulu ya. Insya Allah saya akan berkunjung ke blog mbak Dewi juga ya.. See you

    wassalam
    vera julia

  8. 8 ummul-orthodonti.blogspot.com October 6, 2008 at 3:34 am

    Thanks, Dok! Informasinya sangat membantu. Dulu saya pernah cabut gigi, dan alhamdulillah, setelah cabut gigi saya bisa menahan untuk mematuhi “jangan” seperti yang Dokter sarankan.

    Salam, dan senyum!
    ummul mustaqimah

  9. 9 Drg. Vera Julia, SpBM October 6, 2008 at 1:24 pm

    Dear ummul mustaqimah,

    Senang sekali informasi di blog ini dapat membantu anda…

    wassalam
    vera julia

  10. 10 agung0529 October 12, 2008 at 2:21 pm

    salut deh, semoga blog yg dibuat mbak vera dpt bermanfaat bagi semua terutama bagi profesi bedah mulut dan maksilofasial..

  11. 11 Drg. Vera Julia, SpBM October 12, 2008 at 10:38 pm

    Dear Agung…
    Terimakasih atas kunjungannnya ke blog saya…

    wassalam
    vera

  12. 12 Ninik December 10, 2008 at 6:37 am

    Dokter Vera,
    Dalam minggu ini mungkin saya akan menjalani operasi pengangkatan gigi geraham bawah dua-duanya. Terima kasih sekali tulisan2 Anda banyak membantu saya untuk tau lebih banyak tentang seluk-beluk gigi. Saya minta doanya semoga operasi saya sukses.

    Salam,
    Ninik di Jogja

  13. 13 Fansi December 23, 2008 at 11:47 am

    dokter Vera, saya 2 hari yg lalu abis operasi pencabutan gigi geraham yg tumbuhnya gak sempurna alias di balik gusi gitu. dan sekarang pipi agak ke rahang saya bengkak gede dan jelek… saya juga jadi gak bisa menggigit, apalagi makan yg harus digigit. saya cuman makan bubur atau sup atau mi kuah aja. pertanyaan saya:

    1. berapa lama bengkak ini kira” menyusut? karena letaknya di wajah, saya jadi gak pede. 😦 dan apa yg harus dilakukan agar bengkaknya cepet menyusut?
    2. berapa lama sampai gigi ini bisa menggigit lagi? sampai saya bisa makan yg keras” lagi?
    3. berapa biaya operasi gigi geraham? kalo saya, kemaren biayanya per gigi itu sekitar 3 jutaan. apa bener? saya denger, temen saya ada yg cabut gigi (bukan operasi–beda ya?) biayanya cuman 150ribu.

    terima kasih dok.

  14. 14 denny sp January 11, 2009 at 1:23 am

    Salam,

    Bu dokter saya ada masalah dengan gigi bungsu kanan bawah, gigi tersebut belum lama ini bolong, kalo pas ada makanan yang nyelip ke yang bolong aduh.. rasanya belum tentu 1 jam sembuh. ingin sekali saya mencabutnya tapi terus terang saya stres kalo memikirkan operasi nantinya.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Berapa kira-kira biaya (umumnya) cabut gigi bungsu di jakarta?
    2. Berapa lama waktu odontektomi berlangsung (soalnya gigi bungsu kanan bawah saya sudah agak goyang).
    3. Umur saya 30 tahun apakah resikonya besar.
    4. Apakah gigi bungsu hanya bisa di cabut dengan jalan operasi?

    Mohon maaf dok, pertanyaan nya banyak banget, mohon bantuannya di jawab secepatnya, mengingat stres banget kalo saya memikirkannya .

    Terima kasih.

  15. 15 Drg. Vera Julia, SpBM January 11, 2009 at 11:29 am

    Dear Denny,

    1. Biaya operasi gigi bungsu tergantung dengan RS atau klinik dimana anda akan dioperasi.
    2. Lamanya bervariasi tergantung tingkat kesulitan
    3. Umur 30 tahun resiko masih ringan, tapi juga tergantung posisi giginya
    4. Gigi bungsu tidak selalu harus diambil dengan jalan operasi.. Untuk itu segera ke dokter gigi untuk memastikan keadaan gigi anda.

    Wassalam,
    Vera Julia

  16. 16 armand ranu February 8, 2009 at 4:34 am

    Yth Dokter Vera,

    Saya baru dioperasi hari jum’at dua hari yang lalu…
    sampai malamnya sakit nya tidak terkira banget…masih berdarah sampai malam…tapi keesokan paginya udah ga sakit lagi…tapi bengkaknya makin menjadi…sampai hari ini…
    kira2 sampai kapan bengkaknya hilang?
    dan kalo boleh tau tipsnya untuk menghilangkan bengkak kalo ada…
    agak males dan malu juga beraktivitas selama bengkaknya masih parah…
    terimakasih dok

    salam,

    Armand

  17. 17 Drg. Vera Julia, SpBM February 8, 2009 at 2:05 pm

    Dear Armand.

    Bengkaknya biasanya bertambah sampai hari ketiga pasca operasi lalu kemudia mulai hari ke4 sampai hari ke 7 perlahan bengkaknya menurun. Untuk mengurangi bengkak mulai hari kedua bisa ditambah dengan kompres hangat selain obat anti inflamasi yang telah diberikan dokter gigi yang mengoperasi anda…

    Wassalam,
    Vera Julia

  18. 18 indi March 18, 2009 at 5:36 pm

    Yth.Dr Vera
    saya mrencanakan operasi gi2 geraham bungsu kiri bwh. Krna posisinya tidur dan kbtulan berlubang besar n dalam. yg saya takut gi2nya pasti rapuh jd bisa susah diangkat akar gi2nya.saya sempat trauma ttg ini karena pernah mgalami hal ini dmana dulu saat cabut gi2 krna brlubang akarnya blm bs diangkat karena mahkotanya hancur duluan blg drnya gi2 sdh rapuh n drnya menghentikan tindakan krna sdh tlalu lama dia blm dpt pgangan akar n darah keluar sdh byk.jd saya diminta u menunggu 1-2weeks sampai luka prtama sembuh br bs dikakukan pcabutan akarnya.slama waktu saya sangat menderita krna sakit .
    1.Apa bs tjadi hal yg sama saat operasi spti yg saya alami sblmnya?akar susah diangkat
    2.Apakah kira2 akan dlakukan penyobekan yg cukup bsr n perlu dijahit?
    2.Apakah posisi n keadaan gi2 saya termasuk yg sulit u operasi dok?
    Trima ksh
    indi

    • 19 Drg. Vera Julia, SpBM April 1, 2009 at 2:50 am

      Dear indi,
      Saran saya berkonsultasilah dengan drg spesialis bedah mulut anda, agar tidak terjadi trauma seperti dulu lagi, karena drg spesialis bedah mulut, pastinya lebih mempelajari teknik pencabutan gigi dan pembedahan sekitar mulut dan rahang, jadi jangan takut namun segeralah berkonsultasi, drg bedah mulut anda akan menganamnesa, memeriksa keadaan klinis gigi anda dan melakukan pemeriksaan radiologi untuk menegakkan diagnosa penyakit anda dan tentunya akan merencanakan terapi yang terbaik untuk anda, bisa berupa pencabutan atau harus dibedah, sekaligus menentukan sulit atau tidak nya pencabutan gigi anda tersebut

      wassalam
      vera julia

  19. 20 Tini March 30, 2009 at 7:22 am

    hai dok,

    mau tanya sedikit, apakah sayatan gusi pasca operasi gigi bungsu bisa rapat kembali dok? soalnya gusi saya masih terlihat terbelah setelah 1 minggu, benang sudah dicabut..
    thanks ya dokter vera

    • 21 Drg. Vera Julia, SpBM April 1, 2009 at 3:03 am

      Dear Tini,
      Sayatan gusi pasca operasi gigi seminggu pasti belum menutup, karena penyembuhan di daerah tersebut melalui penyembuhan sekunder, bisa dilihat postingan saya tentang mengapa luka pasca operasi belum menutup sempurna?

      Terimakasih
      Vera Julia

  20. 22 triyanifajriutami April 1, 2009 at 11:45 am

    Hai dokter Vera, terimakasih banyak yah karena info di blog dokter ini sudah banyak membantu sebelum dan sesudah operasi gigi bungsuku beberapa bulan yang lalu. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar 😉

  21. 23 natal hutabarat April 10, 2009 at 4:37 pm

    terima kasih dokter atas informasi yang bermanfaat ini,
    saya dua hari lalu baru cabut satu gigi bungsu saya, dan terasa meriang ieuy… oh ya Dok, kira2 untuk ngobatin Clicking TMJ di jakarta kira habis berapa ya biayanya?

  22. 24 Prima May 2, 2009 at 3:30 am

    Yth Drg. Vera

    Kemarin saya baru saja selesai melakukan operasi pengangkatan gigi geraham bungsu di salah satu rumah sakit swasta di Bandung, awalnya saya kira cuma gigi yang kiri bawah saja yang akan diangkat karena posisinya tidur tapi ternyata gigi kiri atasnya juga harus diambil padahal gigi itu belum tumbuh menembus gusi. Saya kebetulan phobia rumah sakit & phobia darah jadi bagi saya kejadian kemarin itu merupakan keberanian terbesar saya sepanjang hidup (umur saya 25 tahun), sekarang sih saya masih belum bisa membuka mulut terlalu lebar, makan bubur pun ternyata giginya linu lagi jadi saya makan sup & jus saja.
    Jumat bsok jaitannya akan dilepas, sakit tidak yah dok ? saya takut sekali, sama takutnya ketika akan dioperasi kemarin. bahkan lidah saya pun sampe skarang masih takut untuk menyentuh bekas operasi kemarin. Itu saja dok, terima ksih banyak 🙂

  23. 25 nia May 2, 2009 at 1:20 pm

    saya mau tanya dok,, kamis kan sy cabut gigi dan sampe hari ini (sabtu) kadang masih suka berdarah,, terus ada gumpalan darah di gigi sebelahnya..
    memang pada hari pertama saya banyak meludah dan minum pakai sedotan(karena dokter gak bilang kalo itu gak boleh).. makasiih dok,, tolong jawannya

  24. 26 Hanna May 16, 2009 at 10:55 am

    Salam kenal dok,
    mau tanya juga donk, saya habis operasi gigi bungsu hari kamis kemaren, langsung 2 sekaligus, sekarang bengkak nya tambah sih, dan kalau efek obatnya sudah hilang, langsung terasa nyeri dan ngilu, pertanyaan saya adalah bagaimana cara mengurangi bengkaknya? saya disarankan kembali setelah 2 minggu setelah operasi untuk pengangkatan jahitan? mengapa jangka waktunya berbeda2 ya dok? ada yang seminggu dan 2 minggu? ada pengaruhnya ga ya? pertanyaan terakhir sampai berapa lama ya saya bisa benar2 sembuh?? thank alot ya dok 🙂

  25. 27 Adeng May 17, 2009 at 6:34 am

    Salam Dok,.
    Saya mau tanya,
    Gi2 bungsu kiri bwah 1mggu kmaren baru dioprasi,.tapi stlah jahitan dibuka kok spt ada gi2 yg nempel di dinding gusi bkas lubang jahit.,apa itu Dok.
    Mhon balasannya sgera, saya tkt Dok,
    Terimakasih.,

  26. 28 jack June 3, 2009 at 10:55 pm

    Pagi dok,
    semalem, 03 Juni 2009 sy cabut gigi graham bawah sebelah kiri,10 langkah JANGAN hampir semua sy jalankan, tp sampai pagi ini jam 06.00 pendarahannya masi aja keluar, gimana cranya ya supaya pendarahannya berhenti,Trims

    Wassalam,
    Jaka M


  1. 1 Tips Penting Setelah Operasi Gigi « C.E.R.I.T.A Trackback on March 31, 2009 at 5:59 pm

Leave a comment




Blog Stats

  • 120,631 hits

Put your feed in your sidebar

Top Clicks

  • None